Jika anda sedang mempersiapkan diri berkarir di bidang IT
atau masih baru bekerja dalam dunia IT. Ada 10 rahasia yang tidak menguntungkan
yang harus anda ketahui, rahasia ini sebagian besar ditujukan untuk
administrator jaringan, manajer IT, dan profesional destkop support.
1. Profesional IT sering kali menggunakan jargon untuk menutupi kesalahanya
Banyak profesional IT menutupi kesalahan yang mereka lakukan dengan memberi
penjelasan yang membingungkan kepada manajer non teknis, karena biasanya mereka
tidak memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi. Sebagai contoh untuk
memberitahu seorang manajer bisnis non teknis mengapa aplikasi keuangan tidak
dapat dijalankan selama 3 jam, maka profesional IT mungkin akan mengatakan
“Terjadi blue screen pada layar SQL yang menjalankan applikasi keuangan”
padahal penyebab sebenarnya adalah update driver yang ia terapkan pada server
tidak diuji terlebih dahulu.
2. Beberapa profesional IT mengembangkan
teknologi berdasarkan kemampuan dalam menjalankanya
Banyak profesional IT yang memilih dan mengimplementasikan teknologi didasarkan
pada kemampuan dan seberapa bebas mereka dapat menggunakan atau menjalankanya,
bukan berdasar pada mana yang benar benar baik dan bermanfaat untuk bisnis itu
sendiri.
Sebagai contoh sebuah perusahaan lebih memilih untuk menggunakan sistem operasi
Windows karena latar belakang karyawan ITnya memiliki kemampuan lebih
menggunakan Windows, padahal menggunakan sistem operasi Linux adalah solusi
yang lebih baik.
3. Para staff atau karyawan IT adalah
hambatan terbesar dalam menerapkan teknologi yang baru
Salah satu kendala terbesar untuk migrasi ke teknologi yang baru adalah, tidak
ada persetujuan dari manajemen keuangan karena banyaknya biaya yang harus
dikeluarkan. Ketika mereka sudah memiliki sesuatu dan terbiasa menggunakan yang
sudah ada, mereka enggan untuk mengubahnya, ini bisa jadi hal yang baik karena
pekerjaan mereka tergantung dari kestabilan infrastruktur yang ada. Namun
mereka juga menggunakanya sebagai alasan untuk tidak menghabiskan waktu belajar
sesuatu yang baru.
4. Anda akan banyak menghabiskan waktu
dengan teknologi lama dibandingkan dengan mengimplementasikan sesuatu yang baru
Hal yang menarik bekerja dalam bidang IT adalah bahwa kita akan banyak bermain
dengan teknologi terbaru yang ada pada saat ini, namun tidak terjadi di
sebagian besar pekerjaan IT. Yang benar adalah bahwa para profesional IT
biasanya menghabiskan waktu untuk menjaga dan merawat teknologi yang sudah ada
sebelumnya.
5. Vendor dan konsultan IT akan mengakui
kehebatanya ketika proyek berjalan dengan baik, sebaliknya anda akan disalahkan
jika proyek yang dijalankan gagal
Bekerja dengan konsultan ITadalah bagian penting dari pekerjaan dan dapat
menjadi salah satu hal yang lebih menantang. Konsultan akan membantu memberi
solusi untuk anda dalam mengerjakan suatu proyek, dan ketika semuanya berjalan
dengan baik maka ini akan menjadi sebuah kerjasama yang baik.
Tetapi anda harus berhati hati, ketika ada sesuatu yang salah beberapa
konsultan akan menganggap bahwa andalah penyebabnya, dan mengklaim bahwa solusi
yang mereka berikan sudah benar dan bekerja baik pada perusahaan lain.
Sebaliknya jika proyek berjalan dengan lancar, mereka akan mengakui kehebatan
dalam solusi yang merke berikan dan mengabaikan pekerjaan besar yang telah anda
lakukan untuk menyesuaikan dan mengimplementasikan solusi untuk perusahaan
anda.
6. Anda akan sering diminta oleh rekan
kerja untuk memperbaiki masalah PC mereka dirumah yang bukan bagian dari
pekerjaan anda
Karena anda dianggap sebagai orang yang ahli dalam bidang teknologi atau karena
anda adalah seorang teknisi jaringan, rekan kerja anda akan sering meminta
bantuan dalam menyelesaikan masalah pada PC mereka dirumah seperti, bagaimana
menghilangkan virus atau mengaktifkan router nirkabel yang berhenti bekerja
karena mati lampu.
Beberapa dari mereka bahkan akan membawa PC rumahnya ke kantor anda untuk
diperbaiki. Jika itu adalah rejeki, maka anda akan dibayar sesudahnya, tetapi
tidak sedikit dari mereka yang hanya mengharapkan bantuan anda secara gratis.
Membantu orang lain dapat sangat bermanfaat, namun anda harus tahu kapan harus
membantu dan kapan harus menolaknya.
7. Sertifikat tidak akan selalu menjamin
seseorang untuk menjadi karyawan yang baik
Manajer sumber daya manusia pada sebuah perusahaan akan lebih tertarik untuk
merekrut seseorang yang bersertifikasi, karena dengan hal itu memudahkan
departemen HR (Human Resource) untuk menyeleksi calon pekerja dengan lowongan
yang ada.
Sertifikasi akan membuka karir anda lebih luas, menunjukkan bahwa anda orang
yang terorganisir, ambisius dan memiliki keinginan yang besar dalam memperluas
keahlian anda. Jika anda memiliki sertifikasi yang sesuai dengan keahlian anda,
maka hal itu akan menjadi nilai tambah dan nilai jual bagi anda. Namun pada
kenyataanya banyak pimpinan perusahaan yang mengeluh dengan teknisi yang
dipekerjakan berdasarkan sertifikasi.
Mereka umumnya hanya memiliki skill dan kemampuan yang baik dalam bidangnya
tetapi tidak tahu bagaimana mengatur atau menangani masalah dengan cepat karena
tidak memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Maka sertifikat sebenarnya bukan
satu satunya indikator untuk mengukur seberapa baik seseorang dapat bekerja.
8. Anda bisa menjadi orang yang paling
dibenci atau paling disegani oleh bawahan anda jika anda seorang manajer IT
Jika anda dapat menangani suatu masalah yang dapat memperpanjang jam kerja
bawahan anda, maka anda bisa menjadi atasan yang disegani bagi mereka. Namun
sebaliknya jika anda tidak dapat menangani sesuatu yang dapat menghambat
pekerjaan atau memperpanjang jam kerja bawahan anda, seperti tiba tiba saja
koneksi jaringan sedang down, maka mereka akan menganggap bahwa andalah
penyebabnya.
9. Anda akan disalahkan jika terjadi
kesalahan konyol pada pengguna komputer
Beberapa pengguna komputer akan spontan melimpahkan kemarahanya ketika
frustasi. Mereka bisa saja meluapkanya kepada anda karena anda adalah seorang
staff IT dengan menyalahkan anda seperti “apa yang salah sama komputer ini?”,
“komputer ini rusak, kenapa masih dipasang!” atau “kamu apain
komputernya?kenapa bisa jadi begini”.
Padahal kesalahannya adalah karena kecerobohan atau kelalaian dari mereka
sendiri, seperti ternyata mereka tidak sengaja mencabut kabel mouse dengan kaki
mereka, atau bahkan menumpahkan kopi mereka di keyboard komputer.
10. Bayaran di bidang IT lebih besar
dibandingkan dengan profesi lain, namun karena itulah perusahaan anda dapat
mempekerjakan anda kapan saja diluar jam kerja
Kebutuhan akan profesional IT akan terus meningkat bagi perusahaan, seriring
berkembangnya teknologi dalam bisnis dan kehidupan masyarakat. Karena bayaran
bagi profesional IT cukup besar, perusahaan sering kali menambah jam kerja anda
sewenang-wenang, karena anda dianggap sebagai bagian inti dari perusahaan.
Anda bisa saja bekerja lebih dari 6 jam pada akhir pekan untuk menyebarkan
(deployment) update sebuah software, atau bahkan menerima telepon pada malam
hari untuk mengatasi jaringan yang bermasalah. Tidak ada kompensasi waktu
selama anda masih dibayar dengan baik.