Selamat Datang Kawan-kawan di Blognya Aris Wahyu Nugroho
Saat ini aku Kuliah Jurusan Informatika di Batam..!! bagi kalian yang mau berkenalan bisa Add Facebook saya..Jangan Lupa yaa klik Like nya,, biar tambah semangat

Kelebihan Wordpress Dibanding Blogspot

Selasa, 20 Desember 2011 | komentar


Kelebihan Wordpress Dibanding Blogspot
Dari berbagai banyak media untuk menulis sesuatu, di sini saya akan mengulas masalah perbandingan antara wordpress dan blogspot, yang saya dapat dari blog nya seragen… dan ternyata wordpress memang lebih unggul dari blogspot,, bagi agan yang belum

Berbasis Open Source
Banyak yang bilang wordpress mempunyai kelebihan dalam hal lisensi yaitu lisensi GPL. Jadi dengan mudah kita memodifikasinya. Akan tetapi banyak yang tidak berfikir, dengan adanya open source maka akan semakin rentan terhadap serangan. Sudah tidak menjadi rahasia lagi kalau blog wp sering kena serangan hack, inject yang kadang sangat merugikan. Kalau blogspot jelas selama tidak ketahuan username dan password menjadi sangat sulit untuk di serang, dan bukan berarti blogspot tidak bisa diserang.

Kustomisasi
WordPress mempunyai keunggulan pada Content Management System (CMS) sehingga kita dengan mudah mengubahnya. Akan tetapi karena kemudahan inilah kadang orang lupa masih menggunakan akun default dalam install, menggunakan theme semaunya dan yang paling parah adalah menggunakan theme yang sudah di sertai script inject, grab, sending post dll. Kalau blogspot mau inject bagaimana? paling hanya javascript itupun di template mudah membuangnya. Kalau di wordpress akan sulit apalagi jika di encrypt.

Plugin
Wordpress sangat banyak plugin yang di supportnya, banyak pengembang plugin untuknya. Tetapi lagi lagi banyak yang memanfaatkan plugin ini. Kadang untuk mencari backlink, mengambil data. Lebih bodohnya lagi adalah plungin yang hanya menambah satu baris script dan di encrypt kemudian dijual sebagai premium eh pemakai wordpress berbondong bondong membelinya (Tidak usah di sebutkan apa wwkwkw). Kalau blogspot belum ada plugin yang bisa di install, hanya saja kita bisa mengakalinya.

Themes
WordPress memiliki koleksi Theme yang sangat banyak, sehingga pilihan untuk tampilannya sangat beragam. Namun bukan berarti ini tidak menimbulkan masalah, ketika kita tertarik untuk menginstall theme gratisan, kadang ada juga orang yang curang didalamnya. Jika mengenai banyaknya theme maka blogspot juga tidak kalah banyak sekali theme yang tersedia. Namun menurut saya pembuatan theme blogspot jauh lebih mudah di banding wordpress.

Search Engine
Banyak orang beranggapan dalam hal ini wordpress akan lebih baik di banding blogspot. Namun menurut saya sama saja. Entah wordpress atau blogspot perlakuannya tetap sama saja. Yang pasti crawl google tetap membaca htmlnya bukan cmsnya. Lihat saja di posisi serp google. Apa emang CMS wordpress yang selalu menang?

Dukungan, Perawatan dan BackUp
Soal dukungan saya kira antara wordpress sama blogger sama saja. Soal perawatan dan backup saya kira juga sama saja. Setiap layanan pastinya punya ego sendiri. Kalau soal backup blogspotpun dengan mudah hanya di export saja sesuai kebutuhan.

Riset dan Pengembangan Berkelanjutan
Karena wordpress adalah Open Source maka yang riset dan pengembangnya cukup banyak. Akan tetapi hal ini bukanlah menunjukan kalau memang bagus. Apalagi jika pengembangnya tidak satu visi.

Dukungan Komunitas
Wordpress saya lihat begitu banyak komunitas yang mendukung. Hal inilah yang membuat wordpress semakin berkembang. Semakin mudah mengerti dan ketahuan jika ada bug, semakin banyak pertukaran ilmu didalamnya. Akan tetapi bukan berarti komunitas blogspot tidak bisa berbuat seperti komunitas wordpress.

Dapat Digunakan Secara Offline
Inilah sebenarnya yang menjadikan wordpress lebih unggul daripada blogspot. Banyak orang menyesalkan blogspot tidak ada versi offline. Akan tetapi kalau kita berfikir, disinilah tantangannya. Mudah bukan berarti enak.

Mendukung Proses Pembuatan Kategori
Perbedaan mencolok terlihat pada fitur ini. Wordpress benar benar mempunyai kategori akan tetapi untuk blogspot hanya kategori semu yang di tutup aksesnya oleh robot.txt. Namun jika benar benar mau mempelajari blogspot disinilah tantangan untuk berkarya menciptakan ide bagaimana sebuah posting bisa menjadi Index.

Dapat Di Gunakan Untuk AGC
Salah satu fitur yang kayaknya sangat ngetren di kalangan blogger. AGC atau auto generate content. Di akui kalau wordpress sangat mudah di buat AGC namun bukan berarti blogspot tidak bisa di buat AGC.

Pembuatan Page
Saya pernah membaca kalau wordpress mudah membuat page. dan pernah juga membaca kalau blogspot tidak support page, namun hanya modifikasi halaman posting menjadi page. Gubraaaak, yang jadi masalah adalah yang menulis ini pengguna blogspot. Apa ndak pernah lihat di bagian posting ada menu pembuatan page? dan itupun sudah cukup lama menunya. Kalau dulu hanya 10 sekarang sudah 20 kalau tidak salah.

Wordpress Dilengkapi Akismet Atau Spamfre
Tidak bisa dipungkiri inilah plugin yang sangat bermanfaat di wordpress. Kita tidak bisa menemukannya di blogspot. Akan tetapi blogspot sendiri pun sudah dilengkapi fitur seperti ini. Dan yang menjadi tantangan adalah kitapun bisa membuat aplikasi yang bertugas seperti plugin ini. Bisa manfaatkan API blogger. Mau mencoba?

Mengedit HTML di Wordpress
Orang merasakan kemudahan mengedit HTML wordpress karena di pisah pisah. Ya memang benar. Tetapi perlu diingat, pemisahan ini kadang akan menyulitkan ketika kita lupa atau tidak tahu tentang include/ pemanggilan fungsi. Kalau yang dipermasalahkan karena pemisahan. Kan ada aplikasi seperti notepad ++, jadi saat mengedit tinggal membuka area yang diedit saja, jadi masihkan menganggap membuat template blogspot sendiri sulit.

Read more
Wordpress saya yakin akan lebih baik readmorenya ketika kita tahu tentang programing. Tapi kalau tidak ya sama saja dengan blogspot. Ada yang aneh serta membuat saya tertawa, ada blog yang memakai blogspot masih beranggapan kalau readmore blogspot cuman memakai javascript? helooo ngapain saja di halaman posting blogspot masak tidak melihat page break?

Wordpress Dilengkapi Auto Ping
Wrodpress memang dalam hal ping ngeping server RPC nya bisa custom beda dengan blogspot. Akan tetapi sebenarnya blogspot juga ngeping. Itupun bukan hanya saat posting, saat ada komentarpun di ping juga. Coba lihat ada script RPC disana.

Comment Friendly
Woordpress bisa di bilang sangat friendly ketika comment dan inilah kadang yang disuka para spamer. Makanya ada aplikasi mass comment :D. Bagi pengguna wordpress pernahkah anda mendapat komentar yang banyak, dan ketika itu kotak komentar sudah di hilangkan? wkwkwk itulah mengapa wordpress sangat friendly bagi spamer hakz hakz hakz

Permalink Yang Seo Friendly Dan Sesuka Hati
Ini juga satu kemudahan penggunaan wordpress. Kita bisa semaunya membuat permalink. Tetapi ketika kita tidak mau melihat dan berfikir akses ke database ( relasi ) dalam membuat permalink maka kita akan menjadi rugi sendiri. Jadi semudah dan sesuka hati tetap saja terbatas. Apalagi jika hosting tidak support rewritenya

Itulah sedikit kelebihan wordpress yang di banggakan penggunanya. Sebenarnya entah wordpress ataupun blogspot menurut saya sama saja. yang membedakan adalah pemakainya sendiri. Mau berfikir atau hanya tinggal pakai saja. Yang jelas setiap CMS punya tantangan masing masing. Namun saya lebih suka menggunakan blogspot yang mudah bahasa nya,,

Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

mohon koment nya sobb..!!
Bagi yg tidak login blog bisa beri komentar sebagai Name/URL
Bagi yg tidak punya blog bisa beri komentar sebagai Anonymoustidak di sarankan

Random Post (silahkan pilih)

 
Support : Home | Daftar Isi | My University
Copyright © 2010-2012. plagiarist - Blog Informasi -
Template Created by Imagine Published by Mas Template
Power On Blogger