Selamat Datang Kawan-kawan di Blognya Aris Wahyu Nugroho
Saat ini aku Kuliah Jurusan Informatika di Batam..!! bagi kalian yang mau berkenalan bisa Add Facebook saya..Jangan Lupa yaa klik Like nya,, biar tambah semangat

Pengertian Hacker & Cracker Part 2

Rabu, 25 Januari 2012 | komentar

Perbedaan Hacker & Cracker
-----------------------------------

A. Hacker
* Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.
* Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
* Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.

B. Cracker
* Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail / Web Server.
* Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
* Mempunyai situs atau chanel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.
* Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak ( hidden IP ).
* Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu.

-----------------------------
2 Jenis Kegiatan Hacking
-----------------------------

* Social Hacking, tujuannya : informasi tentang system apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa Admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis apa, routing system dan security firewall-nya bagaimana lalu bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi ISP mana lalu informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan berbagai informasi lainnya.

~~> mencari data & informasi

* Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam system, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas system itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam system atau service. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam system dengan cara apapun dan bagaimana pun.

~~> Mencari celah keamanan, menyerang dan menguasai system

----------------------------
Akibat yang ditimbulkan
oleh Hacker & Cracker
----------------------------

1. Hacker
Membuat teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki celah kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software, membuat gairah bekerja seorang Administrator maupun Developper kembali hidup karena hacker membantu Administrator untuk memperkuat jaringan mereka dan membantu Developper untuk menciptakan software yang lebih baik lagi.

2. Cracker
Merusak dan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer, sehingga data-data pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah.

--------------------------------
To Day Hacker Community
--------------------------------

1. White hacker atau White Hacker Community
Adalah Personal atau sekelompok orang / komunitas yang mengunakan hacking untuk kepentingan dan bertujuan yang positif serta untuk mencari celah keamanan suatu system maupun suatu software serta memperbaiki celah keamanan yang ditemukan tersebut ( atau menginformasikan celah keamanan yang ditemukan kepada pemilik system tersebut ). Berani menampakkan dirinya secara terang-terangan, ada struktur organisasi yang jelas dan tanggung jawab ada pada masing2 personal pelakunya maupun pada Organisasi serta mau berbagi ilmu / sharing pengalaman dengan public.

2. Black Hacker atau Black Hacker Community
Adalah Personal atau sekelompok orang / komunitas yang mengunakan hacking untuk kepentingan pribadi dan bertujuan merusak, mencuri data / informasi, mengunakan Carding untuk keuntungan pribadi, serta merugikan orang lain, dll. Tidak berani menampakkan dirinya secara terang-terangan dan tanggung jawab ada pada masing2 personal pelakunya. Serta lebih menyukai gaya hidup individual dari pada bermasyarakat.

3. Blue Hat
Adalah Personal atau sekelompok orang / komunitas yang mengunakan hacking sebagai security advisor…

-------------
Conclusion
-------------

Para Hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Oleh karena itu, berkat para hacker-lah Internet ada dan dapat kita nikmati seperti sekarang ini, bahkan terus di perbaiki untuk menjadi sistem yang lebih baik lagi.

Maka Hacker dapat disebut sebagai Pahlawan IT sedang Cracker dapat disebut sebagai Penjahat IT karena melakukan melakukan penyusupan dengan maksud menguntungkan dirinya secara personallity dengan maksud merugikan orang lain. Hacker atau White Hacker sifatnya membangun dan Cracker atau Black Hacker sifatnya membongkar dan merusak.

IT adalah ASSET Strategic bagi perusahaan untuk mengalah kompetitor. Kondisi Internal IT yang sehat sangat mendukung performance seluruh departemen dalam perusahaan.
Tips Proteksi PC dari Hacker

1. Gunakan Antivirus, Firewall, AntiSpyware.
2. Uptodate Virus Engine.
3. Proteksi IPS ( Intrusion prevension System ) & IDS (Intrusion Detection System)
4. Backup OS & Data PC.
5. Update Pacth Security ( OS Server, Client, DBServer ).
6. Policy & Monitoring semua Device PC yang tepat.
7. Maintenance secara berkala, terutama PC yang sering dipakai untuk koneksi internet minimal 1 minggu sekali.

----------------------------
Survey Membuktikan…
-------------------------------

Kerugian yang di timbulkan oleh Black Hacker terhadap target corporate sangat besar, khususnya perbankan maupun e-Commerce / Online Transaction serta interkoneksi antar cabang.

Komunitas White Hacker berperan sangat penting dalam membuka wawasan masyarakat maupun Corporate akan pentingnya fungsi proteksi security system untuk melindungi data perusahaan daripada akses orang lain yang tidak berhak.
Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

mohon koment nya sobb..!!
Bagi yg tidak login blog bisa beri komentar sebagai Name/URL
Bagi yg tidak punya blog bisa beri komentar sebagai Anonymoustidak di sarankan

Random Post (silahkan pilih)

 
Support : Home | Daftar Isi | My University
Copyright © 2010-2012. plagiarist - Blog Informasi -
Template Created by Imagine Published by Mas Template
Power On Blogger