Selamat Datang Kawan-kawan di Blognya Aris Wahyu Nugroho
Saat ini aku Kuliah Jurusan Informatika di Batam..!! bagi kalian yang mau berkenalan bisa Add Facebook saya..Jangan Lupa yaa klik Like nya,, biar tambah semangat

Bahasa Indonesia Akan Menjadi Bahasa Resmi ASEAN

Selasa, 15 Mei 2012 | komentar


ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) atau Majelis Antarparlemen ASEAN akan membahas kemungkinan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi ASEAN.

Kabar tersebut diungkapkan Marzuki Alie, ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia setelah menghadiri pertemuan antara delegasi AIPA dan para pemimpin negara anggota ASEAN dalam rangkaian acara KTT ASEAN di Balai Sidang Jakarta.

Usul penetapan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa resmi ASEAN telah dikemukakan tahun lalu. Usul itu disampaikan oleh Marzuki Alie sebagai delegasi parlemen Indonesia dalam Sidang Umum ke-31 AIPA di Hanoi, Vietnam. "Usulan itu kita sampaikan di forum dan semuanya menerima dan akan dimasukkan statuta AIPA," kata Marzuki. 

Hanya saja, prosesnya masih harus melalui beberapa tahapan, salah satunya adalah amandemen statuta. Perubahan statuta AIPA sendiri rencananya akan dibahas pada sidang yang akan diselenggarakan bulan September tahun ini di Kamboja.

Menurut Marzuki, sebagian besar anggota delegasi menerima usulan yang disampaikannya ketika itu. "Begitu kita sampaikan, langsung bisa saling mengerti dan menerima," tuturnya. Penerimaan itu berkaitan erat dengan kondisi beberapa negara anggota ASEAN yang memiliki akar bahasa yang sama dengan bahasa Indonesia, yaitu bahasa Melayu. Negara-negara tersebut diantaranya adalah Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Singapura. 



Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

mohon koment nya sobb..!!
Bagi yg tidak login blog bisa beri komentar sebagai Name/URL
Bagi yg tidak punya blog bisa beri komentar sebagai Anonymoustidak di sarankan

Random Post (silahkan pilih)

 
Support : Home | Daftar Isi | My University
Copyright © 2010-2012. plagiarist - Blog Informasi -
Template Created by Imagine Published by Mas Template
Power On Blogger