Selamat Datang Kawan-kawan di Blognya Aris Wahyu Nugroho
Saat ini aku Kuliah Jurusan Informatika di Batam..!! bagi kalian yang mau berkenalan bisa Add Facebook saya..Jangan Lupa yaa klik Like nya,, biar tambah semangat

Pilih Linux atau Windows??

Senin, 28 Mei 2012 | komentar


Sewaktu Saya sendiri mulai kenal komputer sejak SMP, waktu itu belom tahu apa itu Sistem Operasi, Baik itu Windows ataupun Linux. Dari semua pengalaman tersebut baru saya tahu tentang nya.. sebenarnya tinggal kebutuhan kita saja mau pakai yang mana.. orang memilih OS Windows atau Linux biasanya berdasarkan pengalaman jadi ada alasan kenapa orang tidak pakai Windows dan alasan kenapa tidak pakai Linux.

Alasan orang tidak pakai Windows
1. Windows sering kena Virus atau Spyware
Menggunakan Windows tanpa  menginstall Antivirus jelas punya resiko. Meskipun telah menginstall antivirus, komputer anda masih saja bisa terinfeksi. Bahkan antivirus di windows dapat menghalangi program-program lain. Linux terbukti lebih unggul dalam hal ini, meskipun anda menggunakan Antivirus di linux, jarang sekali anda melihatnya menghalangi program lain.
2. Konfigurasi Jaringan Windows
Windows memiliki dukungan hardware yang luas, tetapi bukan berarti hasilnya lebih baik. Setelah jaringan pada Linux di konfigurasi, anda akan jarang sekali mendapat masalah. Walaupun anda mengalaminya, masalah dapat dilacak sampai ke sumber eksternal. Jika mesin linux mengalami masalah, hampir selalu bisa diselesaikan dengan restart sistem jaringan. Linux memang dibangun untuk berada dalam jaringan.
3. Makin lama Windows makin Lemot
Coba ingat, kapan mesin windows anda secara misterius melambat? Apa penyebabnya? Fragmentasi, virus, malware, atau kehabisan resource? Atau bahkan anda tidak dapat memecahkan masalahnya? Dengan Linux (terutama yang misterius) hampir tidak ada, terutama pada server Linux.
4. Sering Crash alias hang
Ketika aplikasi di windows mengalami crash, sulit sekali menemukan penyebabnya, cobalah melakukan debug aplikasi di windows, sama sekali tidak semudah di Linux. Ketika dijalankan, Aplikasi di Linux akan berjalan dengan baik sampai anda berkata ‘tidak lagi’. Bahkan jika memang crash, mudah untuk mengetahui penyebabnya.
5. Berbagi printer tidak praktis
Dengan rilis terbaru GNOME, Sharing Printer di Linux sangat mudah. Anda dapat mengatur printer untuk setiap sistem operasi. Cobalah berbagi printer antara Windows XP dan Windows 7 tanpa merasa seperti ingin membanting gelas yang ada di dekat anda.
6. Memakan Resource
Menggunakan Windows 7 dengan RAM kurang dari 2GB seperti bekerja dalam gerak lambat. Ketika RAM dilahap oleh Aplikasi, pekerjaan menjadi semakin lambat. Hal ini tidak terjadi di Linux, Linux lebih baik dalam menangani resource sistem.
7. Keamanan
Windows datang lengkap dengan celah keamanan dan Microsoft lambat merilis patch untuk menambalnya. Linux tidak kebal, tetapi tidak mudah terkena serangan dan lebih cepat perbaikan masalahnya.
8. Flexibilitas
Keluar dari kotak, apa yang bisa anda lakukan dengan windows? Anda dapat browsing dan menerima email. Keluar dari kotak apa yang bisa anda lakukan dengan Linux? mungkin pertanyaan yang lebih tepat apa yang tidak bisa anda lakukan dengan Linux ?
9. Kemampuan bekerja sama
Jarang ditemukan sistem yang tidak bisa terhubung ke Linux, Mencakup OS X, WIndows, OS/2, bahkan PlayStation. Tanpa bantuan software pihak ketiga, Windows sama sekali tidak bisa bekerjasama. Sedikit menyinggung format, dengan Open office kita dapat membuka dan menyimpan format apapun. Bagaimana rasanya hanya bisa membuka format docx dengan word 2007 keatas ?
10. Evolusi
Microsoft perlu lima tahun untuk memperbaiki Windows Vista dan merilis Windows 7. Berbanding terbalik dengan tanggal rilis Microsoft yang sangat jauh, rilis baru pada linux tersedia setiap 6 bulan dan memasukkan perbaikan fitur tekhnologi yang signifikan. Linux sejalan dengan pengguna, Microsoft?
Dari semua alasan tersebut bukan lantas kita bilang Linux itu lebih baik dari Windows, karena sampai saat ini pengguna Windows tetap masih lebih banyak dari pada pengguna Linux, kenapa bisa begitu ?

Ini alasan kenapa orang tetap memilih Windows daripada Linux
1. Tenaga ahli Windows lebih banyak
Fakta bahwa orang yang menguasai windows lebih banyak daripada orang yang mahir Linux. Windows lebih mudah untuk dikelola.

2. Linux Tidak benar-benar bersaing langsung
Mengapa seseorang yang sudah nyaman menggunakan Windows harus berganti platform dan membangun seluruh set keterampilan Linux baru? Hal ini membuat Linux dan Windows tidak bersaing secara langsung, mereka mempunyai pasar masing-masing.

3. WIndows lebih mudah digunakan
Sebagian orang sudah akrab dengan menu Start, Task manager dan system tray. Sebagian mulai menyukai gadget, generasi muda tidak pernah menggunakan MS-DOS, hal ini membuat kita tidak nyaman saat menggunakan command-line pada Linux. Meski Linux telah berevolusi, masih banyak hal di Linux harus dilakukan secara manual, seperti instalasi program. Mayoritas orang yang baru menggunakan Linux akan berkata : ‘Jadi saya harus meng-compile sendiri? Tidak, terima kasih.’

4. Lebih banyak software untuk Windows
Fakta ini sudah jelas, lebih banyak software berkualitas tersedia untuk sistem Windows. Game terbaru tidak didukung Linux. Memang software Windows bisa dijalankan di Linux dengan memanfaatkan Wine. Jika kita harus melakukan itu sepanjang waktu mengapa memakai Linux?

5. Hardware yang terus maju
Hardware yang semakin maju mematahkan argumen Linux yang mengutamakan penggunaan hardware yang rendah. Sekarang bahkan tersedia processor Quad core dan RAM 8GB pada Laptop. Untuk apa menggunakan Linux pada sistem ini?

6. Linux masih terburu-buru
Terlalu sulit untuk mengikuti perkembangan Linux. Setiap perkembangan baru tetapi mungkin belum diuji menyebabkan perubahan yang cepat namun tidak konsisten. Pengguna harus berebut untuk mengikutinya.

7. Tidak responsif pada pengguna umum
Pada dasarnya Linux adalah sistem operasi untuk orang “Geek”. Tidak bermaksud merendahkan para pengguna Linux, yang dimaksud orang aneh disini adalah pengguna yang sangat terampil dalam kemampuan tekhnisnya yang mendapat kesenangan dari tekhnologi itu sendiri.

Masalahnya, mayoritas pengguna komputer bukanlah ‘Geek’. Jika seseorang yang baru menggunakan Linux menghadapi masalah dan bertanya pada Komunitas, sering mereka mendapat ejekan. Mereka tidak mau mendengar ‘Yang harus anda lakukan adalah meng-compile ulang Kernel’. Compile? Meski hal ini tidak terjadi pada semua pengguna. Banyak individu yang berdedikasi dan memberikan dukungan gratis dalam forum di seluruh dunia.

Jadi terserah kamu, Pilih Windows atau Linux ???!!!

Sumber : http://asrul.blogdetik.com/
Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

mohon koment nya sobb..!!
Bagi yg tidak login blog bisa beri komentar sebagai Name/URL
Bagi yg tidak punya blog bisa beri komentar sebagai Anonymoustidak di sarankan

Random Post (silahkan pilih)

 
Support : Home | Daftar Isi | My University
Copyright © 2010-2012. plagiarist - Blog Informasi -
Template Created by Imagine Published by Mas Template
Power On Blogger