Selamat Datang Kawan-kawan di Blognya Aris Wahyu Nugroho
Saat ini aku Kuliah Jurusan Informatika di Batam..!! bagi kalian yang mau berkenalan bisa Add Facebook saya..Jangan Lupa yaa klik Like nya,, biar tambah semangat

Rotasi Bumi Semakin Lambat

Senin, 30 Juli 2012 | komentar (2)


Sebelumnya agan/sista tahu apa rotasi bumi itu, yaitu bumi yang berputar pada porosnya sehingga menciptakan adanya siang dan malam. Namun apa rotasi bumi itu stabil?, tidak juga gan,, seperti yang kita tahu bumi itu berotasi sekitar 23 jam 56 menit 4 detik. seorang pakar astronomi dari lembaga penerbangan dan antariksa nasional (LAPAN) menyatakan waktu yang dibutuhkan bumi berotasi saat ini jauh lebih lama dibandingkan dengan masa-masa awal terbentuknya bumi. Sekitar 620 juta tahun lalu satu hari di bumi membutuhkan waktu sekitar 22 jam. Hal ini di ketahui dari data-data geologi dan astronomi yang ada.

Menurut thomas pakar dari LAPAN, perubahan kecepatan rotasi bumi yang berengaruh terhadap lama waktu dalam satu hari di bumi disebabkan faktor luar bumi. Ada beberapa pendapat yang menyebabkan rotasi bumi melambat disebabkan bumi semakin berat. Ada pula bumi semakin berat karena batu-batuan luar angkasa / meteorid namun itu tidak berpengaruh banyak, namun ada penyebab yang sangat di mungkinkan yaitu efek pasang surut bulan yang berdampak pada gaya tarik bumi dengan bulan yang berakibat bulan semakin jauh dengan bumi. Ratusan juta tahun lalu, bulan juga mengalami pelambatan rotasi layaknya bumi saat ini. Posisi bulan saat itu sangat dekat dengan bumi karena bulan sebenarnya berasal dari material bumi yang terlontar setelah ada tumbukan dengan benda langit sebesar mars. Karena proses kondensasi akhirnya bulan berbentuk bulat seperti saat ini. Rotasi bulan juga semakin melambat, diperkirakan ratusan juta tahun lagi bulan akan berotasi selama 48 hari waktu bumi.

Jika kondisi itu terus berlanjut dan dikaitkan dengan sistem bumi-bulan-matahari, sinkronisasi bumi dan bulan akan lebih hebat dari sekarang, maksudnya gan, saat ini waktu rotasi bulan dan waktu revolusi bulan terhadap bumi (1 bulan) sudah hampir bersamaan. Rotasi bulan memakan waktu 27,3 hari, sedangkan revolusi bulan terhadap bumi sekitar 29 hari, 12 jam, 44 menit, 2.8 detik.

Dalam waktu ratusan juta tahun ketika rotasi bulan melambat dan rotasi bumi melambat, para astronom memprediksikan bahwa hanya ada satu wilayah bumi yang akan melihat bulan. Posisi bulan pun akan semakin menjauhi bumi. Jangan khawatir gan kjadian itu bakal terjadi sekitar 6.000 tahun lagi koq (cicit kita kebagian tuh gan). 

Pada saat itu, akibat dari rotasi bumi dan bulan yang semakin melambat, musim di belahan bumi selatan dan belahan bumi utara bakal tukeran. Jadi kalo sekarang bulan juli bumi bagian utara mengalami musim panas, pada juli 6.000 tahun lagi bakal mengalami musim dingin...aneh gan pantesan ajah dari sekarang cuaca udah gak nentu,, oh iya rotasi bumi pada awal-awal terbentuknya bumi itu sekitar 6 jam gan, gila 1 hari=6 jam, 4,6 miliar tahun lalu 1 hari=14 jam, 620 juta tahun lalu 1 hari=22 jam, sekarang 1 hari=23 jam, 56 menit, 4 detik... Rotasi bumi mengalami perlambatan sekitar 0,005 detik per tahun perhitungan berdasar jam atom gan....



Share this article :
2 Comments
Tweets
Komentar

+ komentar + 2 komentar

Anonim
21 Oktober 2012 23.30

(y) ♏♏♏ªªªªñÑñ†††ªªªªªPPP !!! Gan , , penjelasan'a cukup detail, , tapi mgkin terjadi sedikit kekeliruan , agan menuliskan di atas kalau bulan berasal dari bumi ,
Seperti'a agan sdikit ketingalan berita , ilmuan nasa mengemukakan bahwa batuan bulan berusia lebih tua dari pada bebatuan yang ada di bumi meski , jadi saya rasa bulan bukan berasal dari bumi . .

Tapi walau bagaimanapun saya sangat suka dgn tulisan agan di atas , informasi yang bagus Úñτϋќ bertukar ilmu . .

Lanjutkan gan . .

22 Oktober 2012 11.22

@Anonim
trima kasih kawan,, udah menterjemahkan,,,
OK..

Posting Komentar

mohon koment nya sobb..!!
Bagi yg tidak login blog bisa beri komentar sebagai Name/URL
Bagi yg tidak punya blog bisa beri komentar sebagai Anonymoustidak di sarankan

Random Post (silahkan pilih)

 
Support : Home | Daftar Isi | My University
Copyright © 2010-2012. plagiarist - Blog Informasi -
Template Created by Imagine Published by Mas Template
Power On Blogger