asal mula Facebook
berawal ketika Mark Zuckerberg (saat
itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh
untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not
menamai situs buatannya Facemash.com.
Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana
selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan
yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini,
Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara
keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.
Saking nekatnya,
Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan
foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka
selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada
Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini
tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri
dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com
memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang
bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia
melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat
situs serupa”.
2004
Tidak kapok, pada
semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat
sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL:..http://www.thefacebook.com..
Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak
kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik
yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku
bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama kali
diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan
sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup
lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah
rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah
Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum
(desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di
kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia,
Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar
penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004,
Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California.
Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004,
thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari
salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005,
thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel
Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain
mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan
frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini
juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA.
Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya,
Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006,
Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750
juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak
terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25
juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital
Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui
India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11
September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join”
bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007,
Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar.
Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki
hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah
pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat
mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah
menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang
miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di
Facebook.
2008
Pada Agustus 2008,
majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan
saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75
miliar sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook
kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota,
lokasi kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan
menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan
teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.
Situs Facebook
mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para
pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi
foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim
pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook
mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah
berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft adalah
mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah sebabnya
mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya
Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat ini
Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan
Microsoft.
Dalam hal tampilan,
Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster. Namun
perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan
pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan
Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil
pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook memiliki
sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur
‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka,
‘Poke/Colek’, sarana untuk saling mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang
untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide terkini
pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim
berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana
sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.
Seiring perjalanan
waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada
September 2006, Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar
Berita yang berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur
ini bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat
keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini
sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News
Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.
Fitur Catatan/Notes
ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor
tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di
Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit
yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan
pribadi secara langsung dan real time.
Fitur ‘Gifts/Hadiah’
dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim
hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi.
Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan
pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk
menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli 2008, Facebook
merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll)
memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan
“Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007,
Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para
pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook.
Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga sampai 25
Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak
660.000 pihak.
Sumber :
http://riangold.wordpress.com/