Selamat Datang Kawan-kawan di Blognya Aris Wahyu Nugroho
Saat ini aku Kuliah Jurusan Informatika di Batam..!! bagi kalian yang mau berkenalan bisa Add Facebook saya..Jangan Lupa yaa klik Like nya,, biar tambah semangat

Benar Atau Isu Hujan meteor bulan oktober

Senin, 01 Oktober 2012 | komentar

Punya-Magna-Bumi akan dilanda setidaknya tiga kali hujan meteor di bulan Oktober ini. Puncak hujan meteor akan terjadi pada Senin pekan depan dengan satu jam diperkirakan 20 sampai 25 meteor akan terjatuh ke bumi.

Menurut Evan Akbar, pengamat di Pusat Observatorium Bosscha, hujan meteor Capricornid pertama akan terjadi pada hari Selasa (2/10) dinihari nanti hingga pukul 01.00 WIB. Nanti diperkirakan 5 sampai 10 meteor akan terjatuh ke bumi dalam bentuk partikel karena terbakar saat memasuki atmosfir.

Evan mengatakan hujan meteor akan berlanjut pada hari Senin pekan depan. Intensitas hujan meningkat dua kali lipat. Evan memerkirakan dalam satu jam terdapat 20 hingga 25 meteor akan terjatuh ke bumi.

Fenomena ini memang sangat jarang terjadi di Indonesia tapi fenomena alam seperti ini sudah bisa diprediksi kapan terjadinya dikarenakan para ilmuwan sekarang sudah mampu menganalisa penyebab terjadinya hujan bintang yang terjadi secara periodik.

Terjadinya hujan bintang dimulai dari kumpulan meteor yang meluncur masuk ke dalam lapisan atmosfir bumi dengan jumlah yang banyak.

Pada saat itu meteor-meteor yang bertebaran di langit menciptakan fenomena alam seperti curahan air hujan yang memijarkan cahaya dikarenakan oleh gesekan batu-batu meteor tersebut dengan lapisan atmosfir bumi.

Tercatat fenomena hujan bintang tidak pernah membahayakan penduduk bumi, melainkan menjadi sebuah peristiwa yang dinanti-nanti karena pada saat fenomena berlangsung pemandangan di langit menjadi begitu menakjubkan.

Langit menjadi ramai oleh cahaya sekumpulan meteor yang sedang beterbangan. Tak heran ketika fenomena ini terjadi banyak orang yang berusaha untuk bisa melihatnya secara langsung.

Tapi menurut LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) mereka membantah adanya isu hujan meteor tersebut,, Ia menegaskan tidak ada aktivitas astronomi yang signifikan belakangan ini. "Yang jelas bukan fenomena astronomi karena juga tidak ada peristiwa signifikan terjadi saat ini," tutur Sugging.

Hal ini ditegaskan kembali oleh Kepala Pusat Science Antariksa LAPAN, Clara Yono Yatini. Clara bahkan bingung dengan istilah fenomena 'hujan bintang' akan terjadi di seluruh Indonesia pada 1 Oktober 2012 mendatang. "Maksudnya itu hujan bintang atau hujan metor. Ini dua hal yang sangat berbeda," ujar Clara.

"Kalau yang dimaksud hujan bintang, ya tidak mungkin terjadi sekarang-sekarang ini. Tapi kalau hujan meteor mungkin saja terjadi setiap saat," tegasnya.

Tapi,, Tak ada salahnya kan mulai dari sekarang Anda mempersiapkan camera atau gadget kesayangan Anda bersama teman-teman terdekat untuk ikut mengabadikan fenomena hujan bintang yang diprediksi akan terjadi di Indonesia pada bulan ini(oktober).


Plagiarist Punya-Magna
Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

Posting Komentar

mohon koment nya sobb..!!
Bagi yg tidak login blog bisa beri komentar sebagai Name/URL
Bagi yg tidak punya blog bisa beri komentar sebagai Anonymoustidak di sarankan

Random Post (silahkan pilih)

 
Support : Home | Daftar Isi | My University
Copyright © 2010-2012. plagiarist - Blog Informasi -
Template Created by Imagine Published by Mas Template
Power On Blogger