Berikut ini tips buat
isi di Pom Bensin yang bagus:
1. LEBIH BAIK ISI DI
POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa
mengetahuinya ?
Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus:
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta
dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut.
Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka kedua mengandung arti
kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya.
Kalo kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan
angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang penting angka
keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU. Pertama COCO alias corporate owner
corporate operate, CODO yakni corporate owner dealer operate. Terakhir DODO,
dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO
diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi
bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku
curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik
Pertamina (angka keduanya 1) karena quality control-nya cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah pengalaman ngecek pas
ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua 1)takarannya sesuai sedangkan
yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda "PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling
baik(kualitas bensin) dibanding denanda yang kode 34.
Cara Buktiinnya:
Coba bagi anda yang menggunakan mobil/ motor matic, pastinya akan terasa
tarikan mobilnya .jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka
Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor
dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin
tersebut,,,di pom bensin kode 31(Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan
yang kode 34 agak cenderung sepi..ini udah saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom bensin
34..bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya
(yang mana yang lebih cepat habis)..
coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin yang
bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1)karena
mereka juga banyak ngisi di pom bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda...tapi gak semua 34 juga yang
kaya begitu
2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA
PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI
TANGKI KITA
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama
petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya...kenapa begitu? karena banyak oknum
yang nakal denanda cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu
sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1), petugas gak pernah
menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 liat aja
deh...kalo anda sewaktu ngisi bensin digituin, petugasnya ditegur aja..
3.ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI
KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.Semakin
dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai
panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari..sebenarnya
bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit
dibanding jumlah liter yang anda beli.Dalam bisnis perminyakan, gravity yang
spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan
produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal
yang sangat berpengaruh dalam business ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda
rugi/kompensasi karena temperatur
4.ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA
MASIH SETENGAH PENUH
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan,
maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap
lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan
biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang
mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin
dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak
terdapat di SPBU.
5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN
BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari
truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar
tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.